Sabtu, 13 Oktober 2012

THE LOCKHEED AC-130


The Lockheed AC-130 gunship adalah bersenjata berat tanah-serangan pesawat varian C-130 Hercules pesawat angkut. Badan pesawat dasar diproduksi oleh Lockheed , sedangkan Boeing bertanggung jawab untuk konversi menjadi tempur dan dukungan pesawat. [1] The AC-130A Gunship II menggantikan AC-47 Gunship I selama Perang Vietnam .
Pengguna satu-satunya tempur itu adalah Angkatan Udara Amerika Serikat , yang menggunakan AC-130H momok, AC-130U Spooky, dan AC-130W Stinger II [2] varian untuk dukungan udara dekat , larangan udara dan perlindungan tenaga . Peran udara dekat dukungan termasuk pasukan darat mendukung, mengawal konvoi , dan operasi perkotaan terbang. Air misi pelarangan yang dilakukan terhadap target yang direncanakan dan target kesempatan. Angkatan misi perlindungan termasuk membela pangkalan udara dan fasilitas lainnya. AC-130Us berbasis di Hurlburt Lapangan , Florida, sementara AC-130Hs dan AC-130Ws berbasis di Cannon AFB , New Mexico . [3] The menyebarkan AC-130 ke pangkalan di seluruh dunia dalam mendukung operasi. Para skuadron tempur adalah bagian dari Komando Operasi Khusus Angkatan Udara (AFSOC), komponen dari Komando Operasi Khusus Amerika Serikat (SOCOM). [4]
Semua persenjataan kapal dipasang untuk api keluar dari sisi kiri atau port dari pesawat. Selama serangan, tempur tersebut melakukan pergantian tiang di daerah sasaran (terbang dalam lingkaran besar di sekitar titik tetap di tanah, titik tetap menjadi target). Hal ini memungkinkan untuk mempertahankan kebakaran di target jauh lebih lama daripada pesawat serangan konvensional. AC-130H "momok" dipersenjatai dengan dua 20 mm M61 Vulcan meriam, salah satu Bofors 40mm autocannon, dan satu 105 mm M102 meriam, meskipun pada sebagian besar misi setelah tahun 1994 meriam 20mm telah dihapus karena ketidakcocokan mereka dengan ketepatan sasaran dan untuk memungkinkan transportasi amunisi 40mm dan 105mm. AC-130U upgrade "Spooky" memiliki 25 mm tunggal GAU-12 Equalizer di tempat kembar momok yang 20 mm meriam, serta sistem kontrol api ditingkatkan dan kapasitas amunisi meningkat. Baru AC-130J tempur berdasarkan MC-130J Tempur Bayangan II tanker operasi khusus yang direncanakan. AC-130W dipersenjatai dengan satu 30mm Bushmaster Cannon.

Pengembangan

Asal

Selama Perang Vietnam , yang C-130 Hercules terpilih untuk menggantikan Douglas AC-47 Spooky tempur (Project Gunship I) dalam rangka meningkatkan daya tahan misi dan meningkatkan kapasitas untuk membawa amunisi. Mampu terbang lebih cepat dari helikopter dan di dataran tinggi dengan waktu berkeliaran baik, penggunaan pergantian tiang memungkinkan AC-47 untuk memberikan tembakan akurat terus menerus ke satu titik di tanah. [6] [7]
AC-130H momok dekat Hurlburt Field, Florida pada tahun 1988
Pada tahun 1967, JC-130A USAF 54-1.626 dipilih untuk konversi ke dalam tempur AC-130A prototipe (Proyek Gunship II). Modifikasi yang dilakukan pada Wright-Patterson Air Force Base oleh Divisi Aeronautical Systems. Sebuah pandangan langsung malam teleskop visi dipasang di pintu depan, awal inframerah forward looking (FLIR) di bagian depan dari roda kiri dengan baik, dan senapan Gatling tetap menghadap ke bawah dan belakang sepanjang sisi kiri. The analog pengendalian kebakaran komputer prototipe adalah buatan tangan oleh RAF Wing Commander Tom Pinkerton di USAF Avionics Laboratory di Wright-Patterson AFB. Penerbangan pengujian prototipe dilakukan terutama di Eglin Air Force Base , diikuti dengan pengujian lebih lanjut dan modifikasi. Pada September 1967, pesawat itu siap untuk disertifikasi pengujian tempur dan diterbangkan ke Nha Trang Air Base , Vietnam Selatan untuk program uji 90 hari. [6] AC-130 kemudian dilengkapi oleh Shadow-119 AC (Proyek Gunship III ), yang kemudian terbukti underpowered.
Sebuah AC-130U menembak flare
Tujuh lebih pesawat tempur dikonversi ke konfigurasi "Plain Jane" seperti prototipe-130 AC pada tahun 1968, [8] dan satu pesawat menerima "Surprise Paket" peralatan pada tahun 1969. [9] Paket Surprise termasuk terbaru 20 mm meriam putar dan 40 mm Bofors meriam tapi tidak ada persenjataan 7,62 mm dukungan dekat. Paket kejutan menjabat sebagai test bed untuk sistem avionik dan persenjataan untuk AC-130E.
Pada tahun 1970, sepuluh lebih AC-130As diperoleh di bawah proyek "Pronto Pave". [10] Pada musim panas 1971, Surprise Paket dilengkapi AC-130 dikonversi ke konfigurasi Pronto Pave dan diasumsikan julukan baru mereka 'Thor'. Konversi dari C-130Es ke AC-130Es untuk "momok Pave" proyek diikuti. [11] [12]
Terlepas dari nama proyek mereka pesawat itu lebih sering disebut dengan tanda panggilan skuadron itu 'momok'.

upgrade terbaru dan terencana

AC-130U dipersenjatai dengan dua Bushmasters 30mm, 2007
Pada tahun 2007, Angkatan Udara Komando Operasi Khusus (AFSOC) memulai sebuah program untuk meng-upgrade persenjataan dari AC-130. Program pengujian yang direncanakan untuk 25 mm GAU-12 / U dan 40 mm Bofors meriam pada AC-130U tempur yang akan diganti dengan dua 30 mm Mk 44 Bushmaster II meriam. [13] Pada tahun 2007, Angkatan Udara dimodifikasi empat AC- 130U tempur sebagai platform uji untuk Bushmasters. Ini yang disebut sebagai AC-130U Ditambah 4 atau AC-130U +4. AFSOC, bagaimanapun, membatalkan rencana untuk memasang meriam baru pada armada AC-130Us. Sejak itu dihapus senjata dan re-instal 40 mm asli dan meriam 25mm dan kembali pesawat untuk memerangi tugas. [14] Brigadir Jenderal Bradley A. Heithold, direktur AFSOC tentang rencana, program, persyaratan, dan penilaian, mengatakan pada 11 Agustus 2008 yang upaya dibatalkan karena masalah dengan akurasi Bushmaster dalam tes "di ketinggian kami mempekerjakan itu". Ada juga menjadwalkan pertimbangan yang mendorong keputusan, katanya. [15]
Ada juga berencana untuk kemungkinan mengganti mm 105 meriam dengan sungsang-loading 120 mm mortir M120 , dan memberikan AC-130 kemampuan kebuntuan baik menggunakan AGM-114 Hellfire rudal, yang Presisi Lanjutan Bunuh Sistem Senjata (berdasarkan Hydra 70 roket), atau Mogok Viper meluncur bom . [16]
Angkatan Udara diberikan L-3 Communications kontrak $ 61.000.000 untuk menambahkan paket senjata ke delapan MC-130W Tempur Spear pesawat khusus-misi [17] untuk memberi mereka kemampuan tempur serangan-seperti. L-3 akan menyediakan kit senjata, bernama "paket serangan presisi", untuk instalasi pada pesawat di Warner Robins Air Logistik Pusat, Georgia. MC-130Ws dilengkapi dengan senjata akan dikenal sebagai Naga Spears. Angkatan Udara Komando Operasi Khusus mempersenjatai pesawat ini untuk meringankan tuntutan operasional yang tinggi pada reguler-130 AC tempur sampai baru-AC 130Js masuk armada. [18] The MC-130W Naga Tombak berganti nama menjadi AC-130W Stinger II tahun 2011 . [19]
Angkatan Udara meluncurkan sebuah inisiatif pada tahun 2011 untuk memperoleh 16 tempur baru berdasarkan baru-built MC-130J Tempur Bayangan II tanker operasi khusus dilengkapi dengan "paket serangan presisi" untuk memberi mereka kemampuan serangan. Angkatan Udara meminta $ 1,6 miliar dari Fiskal 2011 sampai tahun 2015 untuk rekapitalisasi ini. Pesawat ini akan meningkatkan ukuran armada tempur Angkatan Udara untuk 33 pesawat, kenaikan bersih dari delapan, setelah akuntansi untuk pensiun direncanakan delapan penuaan AC-130Hs. Pesawat pertama akan dibeli di Fiskal 2012, diikuti oleh dua Fiskal 2013, lima pada tahun 2014 Fiskal, dan delapan akhir tahun 2015 fiskal. [20] Keputusan untuk tetap dengan C-130-an untuk mengisi kebutuhan datang setelah dana untuk mengakuisisi 16 C-27Js telah dihapus dari anggaran fiskal 2010. [21] The AC-130J akan mengikuti jalur Tombak Naga program, [22] di sepanjang garis umumnya sama sebagai USMC HAWK Harvest Program. [ rujukan? ]

Desain

Ikhtisar

Bawah AC-130U Spooky
AC-130 adalah bersenjata berat panjang daya tahan pesawat yang membawa berbagai senjata anti-tanah berorientasi yang terintegrasi dengan sensor yang canggih, navigasi, dan sistem pengendalian kebakaran. Hal ini mampu memberikan daya tembak presisi atau daerah-saturasi api atas area target selama jangka waktu yang panjang, pada malam hari atau cuaca buruk. Suite sensor terdiri dari sensor televisi, inframerah sensor, dan radar . Sensor ini memungkinkan tempur untuk visual atau elektronik mengidentifikasi pasukan darat ramah dan target dalam kondisi cuaca yang paling.
AC-130U dilengkapi dengan AN/APQ-180 , sebuah synthetic aperture radar untuk jangka panjang deteksi target dan identifikasi. Perangkat navigasi The tempur ini termasuk sistem navigasi inersial dan Global Positioning System . AC-130U menggunakan teknologi yang dikembangkan pada 1990-an yang memungkinkan untuk menyerang dua target secara bersamaan. Ini memiliki dua kali amunisi kapasitas AC-130H. [1] Meskipun AC-130U melakukan beberapa operasi di siang hari, sebagian besar misi tempurnya yang dilakukan pada malam hari. [23] Biaya Unit AC-130H adalah US $ 132.400.000, dan biaya AC-130U adalah US $ 190 juta (fiskal 2001 dolar). [4]

Upgrade

AC-130U sensor Suite
Selama era Vietnam, AC-130 berbagai versi mengikuti modifikasi Pronto Pave yang dilengkapi dengan detektor anomali magnetik (MAD) sistem yang disebut Black Crow (AN/ASD-5), perangkat pasif yang sangat sensitif dengan bertahap-array antena terletak di hidung kiri-depan radome yang bisa mengambil penyimpangan lokal di medan magnet bumi yang biasanya digunakan untuk mendeteksi terendam kapal selam . Sistem Gagak Hitam itu bekerja keras ke komputer sasaran AC-130A/E/H, memungkinkan deteksi unshielded koil pengapian truk Vietnam Utara tersembunyi di bawah dedaunan hutan lebat, khas sepanjang trail Ho Chi Minh . Hal ini juga dapat mendeteksi sinyal pemancar genggam pengendali udara di tanah untuk mengidentifikasi dan menemukan target.
The PGM-38 / U Ditingkatkan 25 mm Tinggi Explosive pembakar (HEI) putaran diciptakan untuk memperluas misi AC-130U tempur 'dalam rentang penyanderaan dan bertahan hidup selama 25 mm nya GAU-12 / U sistem senjata. Putaran ini merupakan kombinasi dari-25 PGU ada HEI dan sekering M758 ditunjuk sebagai UPH-151 B / untuk memenuhi MIL-STD-1.316. UPH-151 memiliki delay mempersenjatai ditingkatkan dengan multi-sensitif jangkauan. [24]

sejarah Operasional

Perang Vietnam

AC-130 gunship pertama kali tiba di Vietnam Selatan pada tanggal 21 September tahun 1967 di bawah program II Gunship dan mulai operasi tempur di Laos dan Vietnam Selatan tahun itu. Pada bulan Juni 1968, AC-130 dikerahkan untuk Tan Son Nhut AB dekat Saigon untuk dukungan terhadap Serangan Tet. Pada 30 Oktober 1968 cukup AC-130 Gunship IIs tiba untuk membentuk skuadron, para Operasi Khusus 16 Squadron (SOS) dari Fighter Wing Taktis ke-8 (TFW), di Ubon Royal Thai Air Force Base , Thailand. Itu saat ini bahwa tempur C-130A ditunjuk AC-130A.
Pada tanggal 18 Agustus 1968, AC-130 gunship terbang misi pengintaian bersenjata di Vietnam III Korps dialihkan untuk mendukung basis Pasukan Khusus di Katum. Komandan tanah cepat menilai api yang akurat dan kemampuan dari sistem senjata dan menyerukan api di perimeter sendiri ketika Viet Cong berusaha untuk menjembatani kawat di sisi barat dari posisinya.
Dengan Desember 1968 sebagian besar AC-130 diterbangkan di bawah F-4 Phantom II escort (untuk melindungi tempur terhadap kebakaran AAA berat dan terkonsentrasi) dari Skuadron 497 Fighter Taktis, biasanya tiga Phantom per Gunship. Pada tahun 1969-an, di bawah nama kode "Paket Surprise", 56-0.490 tiba dengan solid-state laser diterangi cahaya rendah-TV-tingkat dengan pendamping YAG laser yang designator , yang ditingkatkan ke depan inframerah (FLIR) sensor, video rekaman untuk TV dan FLIR, sebuah sistem navigasi inersia , dan prototipe digital kebakaran kontrol komputer . Sisanya AC-130 yang dipasang kembali dengan peralatan serupa upgrade pada musim panas 1970, dan kemudian didistribusikan ke Ubon RTAFB. Pada tanggal 25 Oktober 1971, yang pertama "Cadillac" tempur, AC-130E tiba di Vietnam. Pada tanggal 17 Februari 1972, meriam 105mm pertama tiba untuk layanan dengan momok dan diinstal pada Gunship 570. Itu digunakan dari pertengahan Februari sampai pesawat menerima kerusakan pertempuran untuk tutup haknya. 105 itu beralih ke Gunship 571 dan digunakan hingga 30 Maret ketika pesawat itu ditembak jatuh.
Pada tanggal 28 Januari 1973, perjanjian perdamaian Vietnam mulai berlaku, menandai berakhirnya operasi momok di Vietnam. Momok masih dibutuhkan dan aktif di wilayah tersebut, mendukung operasi di Laos dan Kamboja. Pada tanggal 22 Februari 1973, operasi ofensif Amerika di Laos berakhir dan tempur menjadi benar-benar berkomitmen untuk operasi dalam konflik Kamboja.
Pada 12 April 1975 Khmer Merah yang mengancam ibukota Phnom Penh dan AC-130-an dipanggil untuk membantu dalam Operasi EAGLE PULL, evakuasi akhir pejabat Amerika dan sekutu dari Phnom Penh sebelum jatuh ke komunis. AC-130 juga lebih Saigon 30 April 1975 untuk melindungi evakuasi akhir dalam ANGIN Operasi FREQUENT. Ketika Mayaguez SS ditangkap oleh tentara Khmer Merah dan pelaut pada tanggal 15 Mei 1975, di laut terbuka, Spectres dipanggil.
AC-130-an menghancurkan lebih dari 10.000 truk dan berpartisipasi dalam berbagai misi penting dukungan udara di Vietnam.
Enam Spectres dan 52 anggota aircrew hilang tembakan musuh. Pada tanggal 24 Mei 1969, momok kehilangan tempur pertama. [25]
AC-130A melakukan kiri gilirannya tiang

Perang Dingin dan tindakan selanjutnya

Dengan kesimpulan permusuhan di Asia Tenggara pada pertengahan 1970-an, AC-130H menjadi satu-satunya tempur di Angkatan Udara Reguler, rumah berbasis di Hurlburt Lapangan , Florida, sedangkan armada AC-130A dipindahkan ke Angkatan Udara Cadangan ' s 919 Tactical Airlift Group (TAG 919) di Eglin AFB Lapangan Auxiliary # 3 / Duke Lapangan , Florida. Dengan transisi ke AC-130A, TAG 919 kemudian redesignated sebagai Kelompok Operasi Khusus 919 (919 SOG).
Pada akhir 1970-an ketika AC-130H armada pertama yang dimodifikasi untuk di-penerbangan kemampuan pengisian bahan bakar, misi demonstrasi direncanakan dan diterbangkan dari Hurlburt Field, Florida, non-stop, untuk melakukan 2-jam hidup-api misi di Empire Firing Range di Republik Panama, kemudian kembali pulang. Misi 13-jam dengan dua dalam penerbangan refuelings dari KC-135 tanker membuktikan keabsahan terbang misi jangka panjang di luar Amerika Serikat berbatasan untuk menyerang target kemudian kembali ke home base tanpa berhenti intermediate.
AC-130-an baik dari 4 dan 16 Operasi Khusus skuadron telah dikerahkan di hampir setiap konflik Amerika Serikat telah terlibat dalam, resmi dan tidak resmi, sejak akhir Perang Vietnam.
Pada Juli 1979, AC-130H kru dikerahkan ke Howard Air Force Base , Panama, sebagai pencegahan terhadap kemungkinan tindakan bermusuhan terhadap personil Amerika selama Revolusi Nikaragua . Baru kali catatan jarak tinggi-tinggi dan non-stop yang kemudian ditetapkan oleh SOS 16 2-kapal AC-130H formasi penerbangan yang berangkat Lapangan Hurlburt pada 13 November 1979 dan mendarat pada tanggal 15 November di Andersen Air Force Base , Guam , jarak 7.200 nautical mil (13.300 km) dan 29 jam 43 menit non-stop, pengisian bahan bakar empat kali dalam penerbangan. [26] dukungan pengisian untuk penyebaran Guam disediakan oleh KC-135 awak dari Wing Udara 305 pengisian dari Grissom AFB , Indiana.
Pada bulan November 1979, empat AC-130H tempur terbang tanpa henti dari Lapangan Hurlburt ke Anderson AFB, Guam, karena situasi penyanderaan di Kedutaan Besar di Iran. Pada Guam, AC-130H kru dikembangkan communications-out/lights-out pengisian bahan bakar prosedur kerja kemudian oleh trial-error dan-. Ini penyebaran dengan SOW 1 / CC sebagai komandan Satuan Tugas diarahkan dari kantor CJCS karena takut militan Iran dapat mulai melaksanakan Amerika personel Kedutaan Besar yang telah disandera pada tanggal 4 November . Salah satu pilihan awal dianggap AC-130H serangan hukuman pembalasan jauh di dalam Iran. Kemudian penerbangan tempur melebihi 1979 Hurlburt-to-Guam penerbangan.
Setelah kembali di Maret 1980, empat pesawat segera menemukan diri mereka di Mesir untuk mendukung upaya naas sandera penyelamatan.
Selama Operasi Fury Mendesak di Grenada pada tahun 1983, AC-130 ditekan musuh sistem pertahanan udara dan pasukan darat menyerang memungkinkan serangan dari titik Salines Airfield melalui penurunan amunisi dan persedian-persedian lainnya dan orang dgn payung dan udara-tanah pasukan ramah. AC-130 aircrew meraih Letnan Jenderal William H. Tunner Award untuk misi.
AC-130-an mempertahankan rotasi terus-menerus untuk Howard AB, memantau kegiatan di El Salvador dan Amerika Tengah poin yang menarik. Ini komitmen anda memelihara dan kru dimulai pada tahun 1983 dan berlangsung hingga 1990. [ rujukan? ] The AC-130 dikreditkan dengan mempercepat runtuhnya pemberontakan komunis di El Salvador pada 1980-an. Crews terbang misi menyamar dari Honduras dan mengecam kamp gerilya dan konsentrasi. [ rujukan? ]
AC-130 juga memiliki peran utama selama Operasi Just Cause di Panama pada tahun 1989 ketika mereka dihancurkan Panama Pertahanan Angkatan kantor pusat dan berbagai perintah-dan-kontrol fasilitas, dan memberikan dukungan udara bagi pasukan darat AS. Awak pesawat mendapat Trophy Mackay untuk penerbangan paling berjasa tahun dan Penghargaan tunner untuk usaha mereka.

Perang Teluk Persia dan 1990

Asap terlihat dari Gatling senjata selama operasi senja pada tahun 1988
Selama Perang Teluk 1990-91 dari (Operasi Desert Shield dan Desert Storm), Angkatan Udara Reguler dan Air Force Reserve AC-130-an memberikan dukungan udara dekat dan perlindungan tenaga (pangkalan udara pertahanan) untuk pasukan darat, dan larangan medan perang. Sasaran utama adalah pelarangan peringatan dini / ground control intercept (EW / GCI) situs di sepanjang perbatasan selatan Irak . The tempur pertama untuk memasuki Pertempuran Khafji membantu menghentikan kolom lapis baja ke selatan Irak pada tanggal 29 Januari 1991. Satu hari kemudian tiga tempur memberikan bantuan lebih lanjut untuk Marinir berpartisipasi dalam operasi. Para tempur menyerang posisi Irak dan kolom bergerak ke selatan untuk memperkuat posisi mereka di sebelah utara kota.
Meskipun ancaman permukaan-ke-udara rudal (SAM) dan visibilitas meningkat selama jam-jam pagi tanggal 31 Januari 1991, satu AC-130H, AF Serial No 69-6567, panggilan-tanda Spirit 03, memilih untuk tetap melanjutkan untuk melindungi Marinir. Sebuah Irak tunggal dengan 2-Strela MANPAD Spirit ditembak 03 turun, dan semua 14 anggota awak tewas. [27]
Pihak militer telah menggunakan AC-130 tempur selama operasi kemanusiaan di Somalia ( Operation Restore Harapan dan Operasi Perisai Serikat ) pada 1992-93, Operasi Menegakkan Demokrasi di Haiti pada tahun 1994. AC-130 ambil bagian dalam Operasi Pertanggungan Respon di Liberia pada tahun 1996 dan di Wake Perak Operasi pada tahun 1997, evakuasi Amerika non-kombatan dari Albania .
AC-130 ambil bagian dalam NATO misi di Bosnia dan Herzegovina dan Kosovo pada 1990-an.
Senjata api selama misi malam
The tempur model AC-130U menetapkan rekor baru untuk penerbangan berkelanjutan terpanjang oleh C-130 dengan misi dari 22 Oktober hingga 23 Oktober 1997 ketika dua AC-130U tempur terbang 36 jam nonstop dari Hurlburt Lapangan , Florida ke Taegu Air Base (Daegu), Korea Selatan saat sedang mengisi bahan bakar tujuh kali di udara oleh KC-135 tanker. Penerbangan ini melampaui rekor sebelumnya C-130 pesawat terpanjang oleh lebih dari 6 jam, sedangkan dua U-model tempur mengambil £ 410.000 (186.000 kg) bahan bakar. Tempur juga adalah bagian dari penumpukan pasukan AS pada tahun 1998 untuk meyakinkan Irak untuk mematuhi inspeksi senjata PBB.

Operasi sejak tahun 2001

Amerika Serikat menggunakan tempur selama Perang di Afghanistan (Operation Enduring Freedom) di Afghanistan (2001 -), dan Perang Irak (Operation Iraqi Freedom) di Irak (2003-2010). Pada tahun 2007, Operasi pasukan khusus AS juga menggunakan AC-130 dalam serangan terhadap tersangka al-Qaeda militan di Somalia. [28] [29]
Dukungan udara dekat adalah misi utama dari AC-130 di Irak. Malam demi malam, setidaknya satu AC-130 berada di udara untuk memenuhi satu atau lebih permintaan dukungan udara (ASRs). Sebuah misi yang khas memiliki AC-130 mendukung ASRs brigade tunggal diikuti oleh pengisian bahan bakar udara dan lain 2 jam dengan yang lain atau tim brigade SOF. Penggunaan AC-130-an di tempat-tempat seperti Fallujah, pengaturan perkotaan di mana gerilyawan termasuk di antara populasi non kombatan ramai, dikritik oleh kelompok hak asasi manusia. AC-130 juga digunakan untuk pengumpulan intelijen canggih mereka dengan jarak sensor video, inframerah dan radar.
AC-130 serangan diarahkan oleh pasukan khusus pada lokasi Taliban dikenal selama hari-hari awal perang di Afghanistan. Pasukan Operasi Khusus AS menggunakan AC-130 untuk mendukung operasinya. Sehari setelah tiba di Afghanistan, AC-130 menyerang pasukan Taliban dan Al-Qaeda di dekat kota Konduz dan bertanggung jawab langsung atas penyerahan kota keesokan harinya. Pada tanggal 26 November 2001, AC-130 Spectres dipanggil untuk meletakkan pemberontakan di benteng penjara Qual-a-Jinga. The 16 SOS terbang misi di Mazar-E-Shariff, Konduz, Kandahar, Shkin, Asadabad, Bagram, Baghran, Tora Bora, dan hampir setiap bagian lain dari Afghanistan. Momok berpartisipasi dalam operasi yang tak terhitung jumlahnya di Afghanistan, tampil di-panggilan dukungan udara dekat dan pengintaian bersenjata.
Pada bulan Maret 2002, tiga AC-130 Spectres tersedia 39 misi tempur penting dalam mendukung Operasi Anaconda di Afghanistan. Selama pertempuran sengit, pesawat dikeluarkan lebih dari 1.300 40mm dan 1.200 mm 105 putaran.
Ada delapan AC-130H dan tujuh belas AC-130U pesawat aktif-tugas pelayanan per Juli 2010. [4]
Pada Maret 2011, Angkatan Udara AS mengerahkan dua AC-130U tempur untuk mengambil bagian dalam Operasi Fajar Odyssey , yang intervensi militer AS di Libya , [30] yang akhirnya berada di bawah NATO sebagai Operasi Unified Protector . [31]

Varian

AC-130A momok (Proyek Gunship II, Surprise Paket, Pave Pronto)
Sembilan belas dikonversi dari C-130As, dipindahkan ke Air Force Reserve pada tahun 1975, pensiun pada tahun 1995. [10] [32]
AC-130E momok (hantu Pave, Pave Aegis)
Sebelas dikonversi dari C-130Es, sepuluh upgrade ke AC-130H konfigurasi. [33]
AC-130H momok
Operasional Delapan (USAF tugas aktif)
AC-130U Spooky II
Operasional Seventeen dengan (aktif bertugas USAF) [4]
AC-130J
Enam belas direncanakan untuk menggantikan AC-130H dan meningkatkan ukuran armada.
AC-130W Stinger II
12 pesawat [. klarifikasi diperlukan ] [34]

Spesifikasi

AC-130U Jalur Drawing.svg
AC-130U Spooky
Data dari USAF Lembar Fakta [4]
Karakteristik umum
  • Crew: 13
    • Petugas: 5 (pilot, kopilot, navigator, kebakaran petugas kontrol, petugas peperangan elektronik)
    • Terdaftar: 8 (insinyur penerbangan, operator TV, deteksi Operator set inframerah, Loadmaster, empat penembak udara)
  • Panjang: 97 ft 9 in (29,8 m)
  • Lebar sayap : 132 ft 7 in (40.4 m)
  • Tinggi: 38 ft 6 in (11.7 m)
  • Area sayap: 1745,5 ft ² (162,2 m²)
  • Loaded berat: £ 122.400 (55.520 kg)
  • Max. berat lepas landas : £ 155.000 (69.750 kg)
  • Powerplant : 4 × Allison T56 -A-15 turboprop , 4.910 shp (3.700 kW) masing-masing
Prestasi

Persenjataan

Gunners memuat 40 meriam mm (background) dan 105 meriam mm (depan)
AC-130H momok atas Santa Rosa Island , Northwest Florida pantai.
AC-130A Proyek Gunship II
AC-130A Surprise Paket, Pave Pronto, AC-130E Pave Spectre
  • 2 × 7,62 mm GAU-2 / A miniguns
  • 2 × 20 mm M61 Vulcan meriam
  • 2 × 40 mm (1,58 in) L/60 meriam Bofors
AC-130E Pave Aegis
  • 2 × 20 mm M61 Vulcan meriam
  • 1 × 40 mm (1,58 in) L/60 meriam Bofors
  • 1 × 105 mm (4.13 in) M102 howitzer
AC-130H momok [40]
(Sebelum c. 2000)
  • 2 × 20 mm M61 Vulcan meriam
  • 1 × 40 mm (1,58 in) L/60 meriam Bofors
  • 1 × 105 mm (4.13 in) M102 howitzer
(Persenjataan Lancar)
  • 1 × 40 mm (1,58 in) L/60 meriam Bofors
  • 1 × 105 mm (4.13 in) M102 howitzer
AC-130U Spooky II
AC-130W
  • 1x 30 mm Bushmaster II meriam [41]
  • 10x Griffin rudal
  • 8x GBU-39 Small Diameter Bombs [42]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar